Asal Usul Ayam Kampung Super atau Joper

Ayam Kampung Super

Trumooplaybigsweeps – Asal Usul Ayam Kampung Super atau Joper. Dewasa ini terdapat beberapa jenis ayam kampung super yang telah di kenal luas masyarakat. Pada kesempatan ini, Trumoo akan mengulas asal usul ayam kampung super atau joper.

Ayam kampung super atau joper sebutannya diambil dari kata jowo super saat ini menjadi salah satu jenis ayam konsumsi paling banyak diperjual belikan di berbagai pasar-pasar di Indonesia. Baik itu pasar tradisional maupun pasar modern, umumnya daging ayam kampung yang dijual belikan merupakan daging ayam jawa super.

Permintaan pasar akan ayam joper bukan hanya untuk dagingnya, namun juga banyak permintaan akan telur ayam kampung. Meski dalam pemeliharaannya, ayam joper kebanyakan di pelihara untuk dijadikan ayam pedaging. Namun tidak sedikit juga dipelihara sebagai ayam petelur.

Asal Usul Ayam Kampung Super

Untuk diketahui, pada mulanya banyak peternak ayam kampung asli yang mengeluh mengenai budidaya ayam kampung yang terbilang cukup dalam masa panennya. Dengan lambatnya masa panen, menyebabkan permintaan pasar akan daging ayam kampung tidak berimbang dengan stok di pasaran.

Oleh sebab itu, peternak ayam berupaya untuk melakukan kawin silang antara beberapa jenis ayam. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan atau menghasilkan jenis ayam kampung yang lebih unggul dalam hal kecepatan masa panen.

Asal usul ayam kampung super atau joper yakni dari hasil perkawinan silang antara ayam ras petelur dengan ayam kampung. Namun ada juga yang menggunakan pejantan ayam bangkok.

Peternak Ayam Joper

Ayam Kampung Super

Dalam menghasilkan ayam jawa super, para peternak ayam joper umumnya di ketahui melakukan perkawinan silang dengan menggunakan beberapa jenis ayam sehingga menghasilkan jenis ayam joper yang berbeda. Berikut di bawah ini perkawinan silang yang di lakukan oleh peternak ayam joper sebagai berikut :

  • Kawin silang dari ayam kampung dengan ayam ras pedaging
  • Perkawinan silang ayam kampung dengan ayam ras petelur
  • Kawin silang ayam petelur dengan ayam bangkok atau ayam Pelung dan ayam cemani
  • Perkawinan silang antara ayam Kedu, Rhode Island Red dan White Leghorn

Hasil perkawinan silang antara beberapa jenis ayam tersebut, yang kemudian menghasilkan beberapa versi ayam jawa super. Kelebihan dari ayam joper ini yakni dapat tumbuh besar lebih cepat ketimbang ayam kampung asli. Dengan demikian, peternak ayam joper dapat memenuhi permintaan pasar akan daging ayam yang berkualitas.

Daging ayam joper juga memiliki citarasa yang hampir sama dengan daging ayam kampung yakni gurih dan lezat. Oleh sebab itu pamor ayam joper sebagai ayam pedaging tidak kalah jika di bandingkan dengan ayam kampung asli.

Baca Juga >> Sabung Ayam Online

Ciri Ciri Ayam Kampung Super

Jika di lihat sekilas, penampilan fisik ayam joper hampir serupa dengan ayam kampung pada umumnya. Perbedaan paling mendasar dari kedua jenis ayam tersebut yakni berada pada masa panennya.

Untuk diketahui, ayam kampung asli memiliki masa panen selama 75 hari, sedangkan pada ayam joper masa panen hanya 60 hari. Selain itu, ayam joper menghasilkan telur lebih banyak ketimbang ayam kampung pada umumnya.

Berikut di bawah ini ciri ayam kampung super sebagai berikut :

  • Mempunyai ukuran anak ayam relatif sedikit lebih besar
  • Dominan oleh warna cokelat, putih, hitam dan abu abu.
  • Memiliki daya tahan tubuh kuat seperti pada ayam kampung umumnya. Sehingga membuatnya tidak mudah terkena penyakit.
  • Mempunyai karakter suka bertengger serta berkokok seperti ayam kampung.
  • Memiliki masa panen lebih cepat yaitu 60 hari.
  • Mampu menghasilkan telur saat sudah memasuki usia dewasa.
  • Mempunyai warna telur hampir sama dengan ayam kampung.
Updated: November 25, 2022 — 9:48 pm