Ayam Bekisar Jenis dan Cara Merawatnya

Ayam Bekisar

Trumooplaybigsweeps – Ayam Bekisar Jenis dan Cara Merawatnya. Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tersebar di berbagai pelosok tanah air. Salah satunya yakni hewan ayam, yang mana di Indonesia terdapat berbagai jenis hewan ayam. Pada artikel ini, Trumoo akan mengulas jenis ayam bekisar dan cara merawatnya.

Dari banyaknya jenis ayam yang ada di Indonesia, terdapat pula jenis ayam hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh berbagai kalangan pecinta ayam ditanah air. Tujuan dari melakukan kawin silang antar jenis ayam agar dapat menghasilkan jenis ayam unggul. Baik itu lebih unggul dalam hal postur tubuh lebih besar, memiliki pertumbuhan yang lebih cepat maupun tingkat produktivitas yang lebih tingi.

Ayam Bekisar Adalah

Salah satu jenis ayam hias yang dihasilkan dari kawin silang antar jenis ayam yakni ayam bekisar. Ayam bekisar adalah jenis ayam hasil kawin silang antara ayam kampung betina dengan ayam hutan hijau jantan.

Ayam hutan hijau memiliki nama latin yakni gallus varius merupakan ayam hutan liar yang habitat aslinya berada di hutan-hutan daerah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Banyak pecinta ayam yang mengkawinkannya dengan ayam kampung, untuk mendapatkan hasil ayam unggul dalam hal warna dan corak bulu. Seperti di ketahui, ayam hutan umumnya memiliki keindahan pada corak dan warna bulunya.

Ayam bekisar termasuk jenis ayam hias sebagai salah satu hasil unggulan dari kawin silang tersebut. Banyak kalangan pecinta ayam hias yang menyukainya sehingga membuat cukup populer. Selain memiliki bulu dan warna bulunya yang indah, ayam bekisar juga memiliki suara bagus dan merdu.

Jenis dan Ciri Bekisar

Ayam Bekisar

Untuk di ketahui, dari hasil perkawinan silang antara ayam hutan hijau dengan ayam kampung di hasilkan 3 jenis ayam bekisar yang di kenal hingga saat ini, yakni sebagai berikut :

  1. Gallus aenus, memiliki jengger dengan 8 gerigi kecil, serta pial degan ukuran sedang, serta memiliki warna ungu pada bulu bagian atas dan plisir berwarna kuning emas.
  2. Gallus temminckii, memiliki jengger dengan 6 gerigi, pial berwarna merah jambu, serta warna merah kilap pada bulu dan plisir berwarna merah kecoklatan.
  3. Gallus violaceus, mempunyai jengger gerigi rapih dan bagus, memiliki pial ukuran sedang, serta memiliki warna ungu pada bulunya dan permukaan halus.

Ciri khas ayam bekisar yaitu sebagai berikut ;

  • Mempunyai ukuran yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan ayam jantan kampung. Namun lebih besar daripada ayam hutam.
  • Mempunyai warna dasar bulunya hitam kehijauan dan kilap.
  • Memiliki suara yang khas terutama untuk ayam bekisar jantan.
  • Umumnya ayam bekisar mandul, namun tidak semuanya. Ada yang bisa mempunyai keturunan bila di kawinkan dengan ayam kampung.
  • Umumnya memiliki bobot tubuh di bawah 2 kg.

Baca Juga >> Sabung Ayam Online

Cara Merawatnya

Banyak dari pecinta jenis ayam hias yang memeliharanya di karenakan suaranya yang sangat merdu. Bagi sobat yang ingin memeliharanya sebagai ayam hias, Trumoo akan memberikan sedikit tips dalam pemeliharaanya agar suaranya menjadi gacor dan merdu. Berikut di bawah ini cara merawatnya sebagai berikut :

  1. Berikan madu murni pada ayam dengan cara mencampur di air minumannya. Tujuannya agar suaranya menjadi jernih dan merdu serta agar senantiasa sehat selalu.
  2. Ketika usianya menginjak 8 bulan, berikan pakan makanan yang terdiri dari komposisi 70% beras merah, 20% jagung giling dan 10% ketan hitam. Selain itu berikan juga tambahan lainnya seperti kangkung, toge dan buah-buahan.
  3. Porsi makanan ayam bekisar hanya sekitar 1/4 atau 1/2 dari porsi makan ayam kampung. Berikan selingan atau pakan makanan tambahan seperti jangkrik, atau ulat hongkong serta buah-buahan seperti pisang dan tomat.
  4. Rutin dalam memandikan ayam di pagi hari jam 08:00, dan di jemur sesudahnya. Batas waktu penjemuran di sarankan untuk tidak lebih dari jam 10:00 agar tidak terlalu terik panas matahari.
Updated: November 18, 2022 — 9:30 pm