Beginilah Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy Hobi Ayam Harus Tau

Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy

Trumooplaybigsweeps – Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy asli akan menjadi pembahasan pada artikel kali ini. Seperti yang di ketahui ayam Pakhoy saat  ini sedang menjadi perbincangan di kalangan pecinya hobi sabung ayam.

Ayam pakhoy di gadang-gadang akan menjadi ayam petarung yang akan menguasai dunia sabung ayam. Dimana sebelumnya, juara sabung ayam umumnya dikuasai oleh ayam bangkok lainnya dan juga ayam birma.

Ayam Pakhoy

Ayam Pakhoy merupakan ayam hasil dari perkawinan silang yang dilakukan oleh seorang peternak dari Thailand. Dengan mengawinkan ayam bangkok dari daerah bangkok selatan dengan jenis ayam bangkok lainnya.

Thailand merupakan negara yang menjadi acuan bagi kebanyakan pecinta sabung ayam, karena kerap menghasilkan ayam jago yang tangguh dalam pertarungan sabung ayam.

Sudah banyak jenis ayam bangkok yang berhasil di budidayakan dengan mengawinsilangkan ras ayam bangkok yang satu dengan ayam bangkok lainnya.

Sehingga mendapatkan ayam bangkok dengan kualitas ayam bangkok super yang  ganas dan tangguh.

Gaya Bertarung

Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy

Setiap ayam jago yang handal memiliki gaya bertarung yang berbeda-beda ketika berada di dalam arena sabung ayam. Berikut dibawah ini gaya bertarung ayam pakhoy yang membuatnya menjadi salah satu ayam petarung yang handal :

  • Ayam pakhoy di ketahui mempunyai teknik memukul jarak dekat dengan sangat cepat.
  • Ayam pakhoy kerap memukul lawan dengan keras di dahului dengan patukan ke arah leher lawan tandinganya terlebih dahulu.
  • Ayam pakhoy kerap kali memukul lawan secara bertubi-tubi dengan cepat dan keras.
  • Pergerakan dari ayam pakhoy sangat gesit, lincah dan cepat.
  • Kebanyakan pukulan di arahkan ke badan lawan.
  • Ketika menyerang ayam pakhoy kerap menyusup ke sela-sela pertahanan lawan.
  • Dalam keadaan terdesak, ayam pakhoy bisa melancarkan patukan bertubi-tubi ke arah lawan.

Kelebihan

Setiap ayam petarung, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitupun halnya dengan ayam pakhoy. Berikut di bawah ini kelebihan ayam pakhoy di bandingkan dengan ayam petarung lainnya :

  • Pukulan yang cepat dan bisa melakukan pukulan secara bertubi-tubi.
  • Patukan yang di lancarkan ke arah lawan sangat cepat di sertai dengan pukulan.
  • Gerakannya gesit, lincah dan dapat mengimbangi pergerakan lawan.
  • Memiliki sudut pandang yang lebih luas di banding ayam sabung lainnya.

Kekurangan

Dari semua kelebihan yang di miliki oleh seekor ayam pakhoy, terdapat pula beberapa kekurangan yang ada pada ayam pakhoy yakni sebagai berikut ;

  • Ayam pakhoy belum kuat secara mental dalam arena pertarungan, ia akan kewalahan jika menemukan lawan yang mampu bertarung dalam jangka waktu yang panjang.
  • Pukulan-pukulan yang di lancarkan ayam pakhoy kebanyakan menyasar bagian tubuh lawan, yang mana hal tersebut bukan daerah yang bisa mematikan lawan dengan cepat.
  • Postur tubuh ayam pakhoy tidak sebesar ayam bangkok pada umumnya.

Jenis Ayam Pakhoy

Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy

Saat ini dikenal dengan dua jenis ayam pakhoy, yang di bedakan berdasarkan garis keturunan ayam pakhoy tersebut. Berikut di bawah ini dua jenis ayam pakhoy yang di ketahui sebagai berikut :

1.Original Turunan Asli

Ayam pakhoy original turunan asli ini biasanya merupakan turunan dari ayam pakhoy asli yang sudah di kembangbiakan di Indonesia. Seperti yang diketahui, sudah banyak peternak ataupun pecinta hobi sabung ayam yang berhasil membudidayakan ayam pakhoy.

2.Import

Ayam pakhoy import umumnya merupakan ayam yang di hasilkan dengan mengawinkan silang 4 jenis ayam aduan unggulan. Sehingga mendapatkan hasil yang sangat bagus asli dari campuran darah 4 jenis ras ayam bangkok pilihan.

Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy

Berikut di bawah ini ciri ciri kepala Ayam Pakhoy yang asli sebagai berikut :

1.Kaki Atau Ceker

Pada ayam pakhoy baik itu pakhoy jantan maupun pakhoy betina, kedua memiliki kaki atau ceker serta sisik kaki yang kering dan jari-jari kaki yang panjang.

Dengan jari-jari kaki ceker yang panjang, membuat ayam pakhoy ketika bertarung, mampu melancarkan pukulan-pukulan yang kuat dan cepat dari jarak dekat.

2.Bentuk Berat Badan

Bentuk badan pada pakhoy jantan yakni bulat menyerupai jantung dari pohon pisang di lengkapi dengan sayap yang rapat ke bagian dalam. Berat badan dari ayam pakhoy umumnya sekitar 2,6 kg .

3.Janggut atau Kepala

Kepala ayam pakhoy jantan umumnya menyerupai buah pinang, sedangkan kepala ayam pakhoy betina umumnya menyerupai kepala ular. Memiliki janggut yang tipis rapih serta jengger yang tidak terlalu besar namun keras.

Updated: November 10, 2022 — 9:33 pm