Nama Ilmiah Ayam , Hobbi Scientic Ayam Wajib Tahu

Nama Ilmiah Ayam

Trumooplaybigsweeps – Nama Ilmiah Ayam apa yah ? Pada artikel kali ini, trumoo akan membahas tentang ilmiah sains ayam, nama ilmiah ayam serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam.

Hewan ayam  merupakan hewan yang banyak di ternakkan untuk di ambil daging, bulu serta telurnya. Daging ayam merupakan daging yang paling banyak di konsumsi oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.

Nama Ayam

Dalam kamus bahasa Indonesia, kata ” ayam ” merupakan hewan sejenis unggas yang tidak bisa terbang dan dapat di jinakkan dan di ternakkan. Mempunyai jengger, pada ayam jantan berkokok dan pada ayam betina berkotek.

Kata ” ayam ” di dalam kamus bahasa Indonesia itu sendiri di ambil dari bahasa Austronesia yakni ” qayam ” yang memiliki arti hewan jinak atau hewan peliharaan. Oleh sebab itu hingga kini hewan ayam di sebut dengan nama ” ayam “.

Ilmiah Sains Ayam

Nama Ilmiah Ayam

Pernahkah terlintas dalam pikiran kita, bahwasanya di dunia ini yang pertama kali muncul ayam atau telur ayam ?

Seperti yang di ketahui, ayam merupakan sejenis unggas yang berkembang biak dengan cara bertelur. Lalu manakah yang duluan ada di dunia ? Ayam duluan atau telur ayam duluan ?

Ilmiah sains ayam seperti ini sudah menjadi perdebatan dalam waktu yang cukup lama. Antara yang mendukung ayam yang duluan ada dan yang mendukung telur ayam yang duluan muncul.

Seorang ahli fisikawan teroritis terkenal di dunia yang disebut-sebut memiliki IQ sangat tinggi mengatakan bahwa yang muncul duluan di dunia ini yakni telur ayam. Namun bernahkah demikian ?

Faktor Pertumbuhan Ayam

Nama Ilmiah Ayam

Hewan ayam sebagai hewan ternak yang dalam proses pertumbuhannya di pengaruhi oleh dua faktor penting. Kedua faktor inilah yang memegang peranan penting dalam pertumbuhan ayam sejak menetas sampai dewasa.

Baik itu pertumbuhan pada ayam pedaging, ayam petelur, ayam sabung maupun ayam hias. Berikut di bawah ini faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam sebagai berikut :

  • Faktor Internal yakni faktor yang berasal dari dalam diri ayam itu sendiri seperti genetika dan hormon pada ayam.
  • Faktor Eksternal yakni faktor yang berasal dari lingkungan ayam tersebut berada seperti lokasi peternakan, kandang ayam, pakan makanan dan lain sebagainya.

Faktor genetika dan hormon pada ayam memiliki peranan penting dalam proses pertumbuhan ayam. Ayam yang memiliki genetika dan hormon yang unggul dalam pertumbuhan akan membuat ayam tumbuh lebih cepat dan lebih besar di banding ayam jenis lainnya.

Oleh sebab itu banyak peternak yang melakukan kawin silang antara ras ayam tertentu dengan ras ayam lainnya agar menghasilkan ayam dengan kualitas unggulan. Seperti ayam bangkok yang di kawinkan dengan ayam burma agar menghasilkan ayam bangkok super.

Faktor lingkungan dan pakan makanan serta kandang ayam yang baik juga memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ayam. Lingkungan, pakan makanan serta kadangan yang baik akan membuat ayam terhindar dari stress dan penyakit.

Ketika ayam mengalami stress atau sakit tentunya akan mempengaruhi tingkat produktivitasnya. Stress akan membuat ayam menjadi tidak napsu makan sehingga akan mengganggu proses pertumbuhan dari ayam itu sendiri.

Peneliti Ayam

Adapun beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan ayam tersebut. Salah satunya penelitian tentang ayam atau telur ayam duluan yang muncul di dunia ini.

Pada tahun 2010, peneliti ayam melalukan riset tentang cangkang telur ayam. Dari penelitian tersebut di ketahui bahwa protein yang berperan dalam pembentukkan cangkang hanya terdapat pada ovarium ayam.

Hingga disimpulkan bahwa yang muncul terlebih dahulu adalah ayam yang kemudian menghasilkan sel telur dan berubah menjadi telur ayam dan menetas menjadi anak ayam.

Nama Ilmiah Ayam

Hewan ayam memiliki nama ilmiah ayam yakni Gallus gallus domesticus. Hewan ayam yang banyak ada di peternakkan-peternakkan ayam saat ini merupakan keturunan dari salah satu spesies ayam hutan.

Ayam hutan merah merupakan moyang dari ayam-ayam yang banyak diternakkan di berbagai peternakkan yang ada saat ini. Nama ilmiah ayam hutan merah yakni Gallus-gallus.

Perkawinan silang antar ras ayam yang banyak terjadi saat ini telah menghasilkan berbagai jenis-jenis ayam dengan keunggulannya masing-masing. Termasuk di dalamnya ayam bangkok, ayam saigon , ayam pakhoy , ayam burma, ayam hias dan lain sebagainya.

Updated: November 10, 2022 — 9:36 pm