Perbedaan Ayam Serama Dan Ayam Kate Ada Disini

Ayam kate serama

Trumooplaybigsweeps – Ayam kate serama akan menjadi pembahasan Trumoo pada artikel ini. Bagi pecinta ayam hias, tentunya tidaklah sulit untuk membedakan ayam kate serama. Namun bagi pemula hal tersebut terkadang cukup membingungkan.

Ayam kate serama atau yang lebih tepatnya ayam kate dan ayam serama merupakan dua jenis ayam yang berbeda. Sepintas kedua jenis ayam hias tersebut memang terlihat serupa.

Oleh sebab itu, Trumoo akan mengulas secara lengkap tentang ayam kate dan ayam serama. Apa yang menjadi ciri dan karakteristik dari ayam kate serama akan menjadi pembahas pada artikel ini agar kita lebih memahami kedua jenis ayam hias tersebut.

Asal Usul Ayam Kate Serama

Ayam Kate adalah ayam yang berasal dari Provinsi Banten, PulauJawa ,Indonesia. Pertama kali di temukan pada tahun 1700an oleh seorang pedagang dari Eropa di sebuah pelabuhan yang bernama Bantam di Pulau Jawa.

Dengan postur tubuhnya yang mungil, lucu dan imut membuatnya menjadi salah satu jenis ayam hias yang banyak di sukai oleh banyak orang. Sejak itu banyak peternak ayam hias yang melakukan kawin silang dan menghasilkan jenis ayam hias yang baru yakni ayam serama yang berasal dari Malaysia.

Jadi bisa di bilang kate merupakan moyang dari serama yang banyak dikenal sampai saat ini. Itu sebabnya kenapa ayam kate serama terlihat cukup mirip dari segi postur tubuh hingga warna bulu yang di milikinya.

Ciri dan Karakteristik Yang Membedakan Keduanya

Sepintas memang kedua ayam ini terlihat sama, namun tidak usah khawatir. Trumoo akan memberikan ciri masing-masing ayam hias yang akan menjadi panduan dalam membedakan kedua jenis ayam hias ini.

Ayam kate serama

Ayam Kate memiliki ciri dan karakteristik sebagai berikut :

  • Postur tubuhnya sedikit lebih besar dibanding Serama
  • Bagian dadanya lurus tetapi tidak membusung
  • Memiliki variasi warna seperti warna putih, merah dan hitam
  • Memikiki bobot tubuh 500gr untuk kate jantan
  • Bentuk kaki kecil, mungil, dan pendek. Tetapi ada juga yang panjang.
  • Memiliki punggung yang panjang, tidak tegak dan terlihat bogel.
  • Setiap daerah mempunyai jenis kate yang berlainan.

Ayam Serama memiliki ciri dan karakteristik sebagai berikut :

  • Postur tubuhnya sedikit lebih kecil dibanding Kate
  • Bagian dada terlihat seperti orang sedang membusungkan dada
  • Ketika ia sedang membusungkan dadanya, bagian kepalanya mendekati bagian ekornya
  • Umumnya berwarna hitam dan merah
  • Memiliki bobo tubuh 350gr – 500gr
  • Bentuk kaki kecil dan pendek. Tetapi tidak bogel.
  • Mempunyai bentuk dada tegak dan sayap tegak lurus ke arah bawah.
  • Mempunyai gelagat yang menarik, seperti berjalan mundur kebelakang, energik dan lucu ketika berjalan membusungkan dada.

Harga Ayam Kate Serama

Dari perbedaan di atas sudah terlihat bahwasanya kedua jenis ayam hias tersebut adalah berbeda. Begitupun dengan harganya. Manakah yang lebih mahal di antara keduanya ?

Untuk di ketahui, seekor ayam serama di Indonesia dijual dengan harga bervariasi sekitar kurang lebih Rp. 250.000 sampai dengan Rp. 500.000. Tergantung dari ukuran, bentuk dan kualitas dari ayam tersebut. Umumnya semakin besar umurnya dan semakin kecil postur badannya, maka harganya akan semakin mahal.

Baca Juga >> Sabung Ayam Online

Sedangkan untuk seekor ayam kate di Indonesia, harganya relatif berbeda-beda antara jenis ayam kate yang satu dengan ayam kate lainnya. Seperti yang di ketahui kate memiliki banyak jenisnya tergantung dari daerah mana kate tersebut. Dari yang paling murah di banderol dengan harga Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 700.000.

Harga kedua jenis ayam hias ini akan menjadi semakin mahal apabila berhasil memenangkan kontes ayam hias nusantara yang sering di gelar di berbagai daerah di Indonesia. Harganya bisa menyentuh dari Rp. 5 jutaan sampai dengan Rp. 10 jutaan perekornya.

Updated: November 15, 2022 — 10:46 pm